Purwanto dan KUA Etnika

Warna Baru dan Komposisi Greget Purwanto dan KUA Etnika

Sosok yang satu ini merupakan salah satu dari lima orang dibalik lahirnya KUA Etnika. Purwanto, yang juga merupakan composer sekaligus musisi ini menjadi salah satu sosok yang memberikan sumbangsih juga untuk karya-karya yang dilahirkan oleh KUA Etnika. Berbekal dengan basis musik tradisi, terutama karawitan, permainan instrumen gamelannya pun sudah perlu diragukan lagi.

Purwanto ingin memberikan warna baru dengan latar belakangnya sebagai musisi yang mendalami musik tradisi. Terinspirasi dari Sapto Rahardjo (alm) dan juga Otok Sidharta, musisi ini ingin sekali mengajak musik karya buatannya untuk ‘pacaran’. Minatnya terhadap berbagai macam jenis musik, baik tradisi maupun genre lain mengusiknya untuk membuat karya yang berbeda dengan memadukan elemen yang ada. Dalam rangka menemukan peta yang mbedani dengan yang lain inilah Purwanto berusaha untuk mengeksplorasi bunyi. Tidak hanya sebatas kemampuan tetapi sampai pada tahapan bermain dengan insting musikal. Harapannya dari poin inilah kemudian dapat tercipta greget, ruh, nyawa yang membuat musiknya bisa ‘berbicara’ kepada khalayak luas. Hal ini juga merupakan persiapannya untuk menuju konser tunggal yang akan diselenggarakan tahun depan.

Pada kesempatan kali ini, Purwanto bersama dengan KUA Etnika akan membawakan World Jazz music. Beberapa repetoar yang akan dibawakan di Ngayogjazz 2018 judulnya terdengar sangar dan layak untuk dinantikan. KUA Etnika yang akan digandeng oleh Purwanto kali ini pun akan berisikan perpaduan berbeda dan akan menampilkan warna yang tidak biasa. Makin penasaran to Honn? Jangan sampai terlewatkan.