12
Nov

Hamemangun Karyenak Jazzing Sasama

Beberapa peristiwa di Indonesia akhir-akhir ini menjadi rujukan dalam pengambilan tema penyelenggaraan Ngayogjazz 2016. Banyaknya orang yang menyebar fitnah dan mengadu domba satu dengan yang lainnya menjadi sebuah keprihatinan yang mendalam. Maraknya media sosial bukannya disikapi positif tapi malah dijadikan ajang untuk saling berlomba mendapatkan perhatian dengan cara yang lebih instan, yaitu dengan membuat pernyataan yang pro-kontra dan saling menghujat. Kalimat Bad news is a good news menjadi sangat relevan dalam kasus ini. Bagaimana orang-orang lebih memilih untuk menyebarkan berita tentang keburukan daripada berita tentang kebaikan.

Mungkin tema yang dipilih Ngayogjazz di tahun ini terdengar susah untuk dilafalkan dan bahkan diingat. Tapi arti yang terkandung di dalamnya tidak kalah penting dengan tema-tema Ngayogjazz sebelumnya. Terinspirasi dari Pupuh Sinom Serat Wedhatama karya Mangkunegara IV, bermula dari kata ‘Amemangun Karyenak Tyasing Sasama’ yang artinya berbuat untuk menyenangkan hati sesama manusia.

Hamemangun Karyenak Jazzing Sasama’ sendiri  bisa diartikan sebagai membangun karya jazz yang indah untuk membahagiakan sesama manusia. Tema ini diharapkan bisa menyebarkan semangat untuk berbuat kebaikan dan menyebarkan kebahagiaan kepada semua orang. Tidak hanya bagi penyelenggara yang dalam hal ini panitia dan warga desa setempat, tetapi juga kepada pengisi acara dan penonton yang hadir hingga masyarakat luas. Jadi tidak ada salahnya untuk sejenak  bergembira menikmati Ngayogjazz 2016, dan bawalah kebaikan serta sebarkan di manapun honn-honn semua berada.

 

Leave a Reply