12
Nov

Padukuhan Kwagon

Apalah arti rumah tanpa atap. Atap rumah yang biasanya berwujud genteng berfungsi melindugi kita dari panas dan hujan. Tapi tahukah anda bahwa Yogyakarta memiliki banyak pembuat genteng? Kali ini Ngayogjazz mendapat kehormatan untuk menggelar acaranya di padukuhan Kwagon desa Sidorejo, kecamatan Godean, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kwagon merupakan padukuhan dengan mayoritas penduduknya bekerja sebagai pembuat genteng, yang membuatnya terkenal sebagai sentra industri genteng dengan kualitas terbaik. Keramahan, kekompakan, etos kerja keras, dan peran aktif masyarakat Kwagon dalam melestarikan tradisi seni dan budaya menjadi alasan Ngayogjazz memilih padukuhan ini sebagai tempat penyelenggaraan acaranya di tahun 2016.

Secara rutin Kwagon juga merayakan merti dusun setiap bulan sapar (bulan jawa) yang mereka sebut Saparan, sebagai salah satu bentuk puji syukur masyarakat atas hasil bumi yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa. Dan perhelatan Ngayogjazz di tanggal 19 November menjadi pembuka acara rutin mereka yang akan diadakan Minggu Legi tanggal 27 november 2016. Tepat seminggu setelah penyelenggaraan Ngayogjazz.

Persiapan penyelenggaraan kali ini pun terasa istimewa. Semangat dan kehebohan masyarakat sangat terasa dalam menyambut Ngayogjazz. Ditunjukkan dengan aktifnya keterlibatan masyarakat Kwagon dalam menghias padukuhannya. Workshop artistik yang diinisiasi oleh Ngayogjazz bersama Frog House, sebuah komunitas kebudayaan di Yogyakarta, diikuti dengan antusias oleh warga padukuhan Kwagon. Bahkan workshop ini juga diikuti oleh komunitas-komunitas seni dari luar kota Yogyakarta, mahasiwa, dan turis mancanegara.

kwagon

workshop-kwagon

 

1 Response

Leave a Reply