Single Blog Title

This is a single blog caption
18
Nov

Tokoh Pejuang Bangsa Menebar Semangat Perjuangan pada Pembukaan Ngayogjazz 2017

Jalanan di dusun Kledokan mulai dipenuhi honn honn yang berantusias menikmati gelaran Ngayogjazz 2017. Bersama sanak saudara, teman dan kasih tercinta mereka berjalan dengan penuh tawa. Canda tawa tersebut sejenak terhenti oleh sebuah arak-arakan riuh dari pintu masuk Ngayogjazz 2017. Arak-arakan apakah itu?

Ternyata ada arak-arakan prajurit lengkap dengan tombak pusaka berjajar dengan gagahnya. Mereka siap menyusuri jalanan sepanjang Dusun Kledokan diiringi musik khas kerajaan yang menggemparkan. Tunggu dulu, bersama mereka ada beberapa tokoh pejuang yang gagah menyapa honn sekalian. Mereka antara lain Jenderal Sudirman, Pangeran Mangkubumi, dan Pangeran Diponegoro. Didepan para tokoh pejuang tersebut, berdiri tegap seorang prajurit bertubuh tinggi sekitar dua meter yang tentu mengejutkan honn sekalian.


Arak-arakan tersebut disambut barisan wayang berukuran raksasa. Wayang menari mengikuti derap langkah para prajurit. Dendang lagu khas kerajaan menambah serunya suasana. Honn penikmatt jazz ikut berdendang olehnya. Gawai dan kamera honn sekalian terangkat tinggi-tinggi untuk mengabadikan momen yang tak akan terulang lagi.

Derap langkah arak-arakan terhenti di sebuah panggung utama , yakni panggung Merdeka. Diatas panggung sudah berjajar lengkap pasukan berkostum pejuang. Para pejuang pun perlahan menaiki pangung Merdeka dengan sebuah upacara penghormatan.

Honn-honn dibuat penasaran dengan arak-arakan tersebut. Kini akan ada kejutan apalagi? Semua sejenak terdiam mengikuti prosesi upacara pembukaan Ngayogjazz. Dengan sedikit dialog jawa khas upacara kerajaan, pembukaan Ngayogjazz kali ini tambah khidmad. Kamera dan gawai disimpan sejenak demi menikmati suasana tersebut.

Tidak lama setelah itu suasana khidmad buyar menjadi gelak tawa. Bagaimana tidak, para tokoh yakni Jenderal Sudirman,Pangeran Mangkubumi dan Pangeran Diponegoro yang semula tampak gagah kini membaur dengan honn sekalian melalui canda yang dilemparkannya.


Diatas panggung para tokoh tersebut menyambut honn yang sudah sangat siap menikmati Ngayogjazz 2017. Kejutan ada lagi setelah kemunculan Tugu Jogja diatas panggung. Semua orang terheran-heran serta bertanya makna ini semua.

Ternyata pembukaan Ngayogjazz 2017 sarat akan makna. Berdirinya para tokoh pejuang diatas panggung merdeka untuk mengingatkan honn sekalian atas jati diri bangsa. Tugu jogja berdiri diatas panggung bukan sekedar pajangan saja. Makna Tugu Jogja yakni sebagai penengah yang mempertemukan para tokoh pejuang. Dari selatan Tugu Jogja ialah tempat Pangeran Mangkubumi bersinggah. Barat Tugu Jogja merupakan arena perjuangan Jenderal Sudirman. Datang dari Timur Tugu Jogja ialah Pangeran Diponegoro dengan semangat perjuangannya.

Para tokoh pejuang tersebut tak lupa menyampaikan pesan suci untuk anak muda bangsa di zaman ini. Mereka mengingatkana agar anak muda menghindari hal-hal yang merugikan seperti narkoba dan kegiatan negatif lainnya. Tak lupa anak muda bangsa diajak untuk terus berjuang meneruskan apa yang dilakuan para tokoh pejuang di masa lalu. Dan tentu saja untuk mewujudkan semua harapan positif tersebut salah satu caranya dengan berkegiatan yang fun dan sarat akan budaya seperti Ngayogjaz 2017 ini.

Tabuhan drum dan terompet kerajaan pun resmi membuka gelaran Ngayogjazz 2017. Honn sekalian berteriak riuh penuh kesenangan sembari mengangkat tangan tinggi-tinggi. Sejenak langit mendung tersibak digantikan cahaya sore yang hangat. Ini berarti suasana yang hangat siap menyelimuti gelaran Ngayogjazz 2017 yang sudah ditunggu-tunggu ini

Leave a Reply