Venue

Dusun Kledokan
Desa Selomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Latar belakang sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia adalah salah satu alasan Ngayogjazz meminang Kledokan menjadi tuan rumah tempat berlangsungnya acara tahunan ini. Dusun yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani ini letaknya berada tidak jauh dari monumen perjuangan Taruna Plataran, sebuah tempat bersejarah yang menjadi saksi dari sebuah pertempuran pada masa agresi militer ke-2. Cerita sejarah perjuangan inilah yang menginspirasi Ngayogjazz dan mengangkatnya menjadi sebuah tema artistik.

Selain itu, dusun Kledokan juga tergolong aktif dalam kegiatan pelestarian budaya dan kesenian tradisional. Irama ritmis gejog lesung Tjipto Suoro dan tegapnya para prajurit Bregada (bregodo) Gotri Seloaji menjadikan dusun semakin memikat hati.

Semboyan 3G yaitu Guyub – Greget – Gayeng, adalah kata-kata sakti yang selalu hadir dalam setiap aktifitas masyarakat Kledokan. Kekompakan, semangat, dan keriangan masyarakat dusun Kledokan akan sangat terasa begitu memasuki dusun ini. Warga Kledokan mengajak honn-honn semua untuk “Wani Ngejazz” agar “Luhur Wekasane”.

Peta menuju lokasi Ngayogjazz 2017: