Doni Suwung

Musik Puitis Romantis Dengan Warna Khas Doni Suwung

Salah satu alumnus kampus ISI yang menggunakan nama unik ini, siap untuk turut serta memeriahkan Ngayogjazz 2019. Doni Suwung, musisi asli Yogyakarta yang mengaku nasionalis ini siap meramaikan Ngayogjazz. Penyanyi yang satu ini amat istimewa karena dirinya memiliki pandangan luas tentang musik. Hal ini barangkali bias menjelaskan karya-karya Doni Suwung yang lahir dan terinspirasi dari refleksi kehidupan sehari-hari. Lagunya soal cinta bisa dibilang mendasar dan amat serius, sebab bercerita mengenai nasionalisme dan kecintaan pada alam.

Karya-karya yang begitu kuat ini membuat dirinya dilabeli sebagai penyanyi puitis. Nama Doni Suwung bukan berarti dirinya karyanya suwung, justru sebaliknya. Karya yang puitis dan berkisar pada kecintaannya terhadap alam dan negara, membuktikan bahwa percintaan di dalam musik itu luas. Aransemen dengan sentuhan yang lekat dengan hasil pemikirannya tersebut tercetak di dalam album Satu Moyang. Sang musisi ternyata berkolaborasi dengan legenda musik Indonesia, Oppie Andaresta. Album Satu Moyang merupakan kumpulan sembilan lagu karya Doni Suwung dan menjadi sertifikat yang mengukuhan kecintaannya negara maupun alam.

Tentu saja hal ini memperkaya dan memberi warna baru dalam perayaan Ngayogjazz 2019. Menilik tema Ngayogjazz tahun ini, Satu Nusa Satu Jazz-Nya, yang merayakan disharmoni namun harmonis. Hal ini rasanya menjadi selaras dengan kehadiran Doni Suwung dalam pergelaran yang akan dihelat di Sidorejo, Kwagon.