JB PROJECT FEAT. JACOB JAYASENA (KOMUNITAS JAZZ SOLO)

Komunitas Jazz Solo (Solo Jazz Society)

Sedulur Jazz yang satu ini sudah cukup lama lho Honn terbentuk dan aktif untuk memasyarakatkan jazz di lingkup kota Solo. Terbentuk pada tahun 2007, komunitas ini awalnya diprakarsai oleh Ganggeng Yudana dan awalnya diikuti oleh 10 orang. Seiring berjalannya waktu kemudian sedulur jazz ini berkembang dan saat ini anggota yang masih aktif rata-rata baru. Tidak hanya berusaha untuk memasyarakatkan jazz, rekan-rekan Solo Jazz Society pun aktif dalam memberikan edukasi mengenai musik jazz. Ada jam session yang aktif diadakan setiap seminggu sekali, setiap Jumat malam. Dimulai dengan memberikan pengajaran standard jazz di awal sebagai dasar lalu ada juga open jam session yang lebih bebas untuk bereksperimen dan mengasah kemampuan lebih dalam.

Selain jam session, Solo Jazz Society juga mengadakan workshop dengan menggandeng musisi senior yang sudah memiliki jam terbang tinggi. Tempat berekspresi pun terus dikembangkan, salah satunya ada Parkiran Jazz yang merupakan acara rutin tiap 2 bulan sekali setiap kamis terakhir di Balai Soedjatmoko Solo, bekerja sama dengan Kompas Gramedia. Kesempatan ini selain digunakan untuk mengasah dan menampilkan kemampuan, juga untuk menarik minat generasi jazz baru.

Dibawah naungan komunitas jazz ini, para pemuda Solo mendapatkan tempat untuk menumpahkan ide-ide jazz mereka. JB Project kemudian lahir dari proses mengasyikkan ini, yang tumbuh dan berkembang di kota Solo. Dengan konsep modern popjazz yang memanjakan telinga, JB Project akan digawangi oleh Kinanthi Laras (vokal), Fransiskus Widhanto (piano), Aby Christian (gitar), Rian Kris (bass), dan Cipta Herlambang (drum). Tahun ini JB Project akan memberikan penampilan istimewa dengan menggandeng Jacob Jayasena, pianis muda berbakat asal Solo yang akan melanjutkan studinya di Sydney, Australia. Dalam reriungan Ngayogjazz 2019, JB Project dan Jacob Jayasena akan hadir memberi warna yang beragam lho Honn. Penasaran? Yuk kita simak bersama di Kwagon!