Rodrigo Parejo Quartet (Spanyol)

Eksperimen Lintas Benua a la Rodrigo Parejo Quartet (Spanyol)

Untuk yang hadir pada perayaan Ngayogjazz 2018, tentunya sosok dengan nama Rodrigo Parejo sudah tidak asing lagi. Musisi asal Spanyol yang mengaku bahwa dirinya seorang freelance musician ini kembali hadir untuk memeriahkan Ngayogjazz 2019. Musisi yang satu ini memang punya bakat wangun hon, beliau menjadi lulusan terbaik di Royal Conservatory the Hague (Belanda). Talenta tersebut kemudian tidak mandeg begitu saja. Rodrigo terus mengasah kemampuan seni suaranya di berbagai genre dan sudah kurang lebih 16 tahun dan tidak berhenti untuk terus belajar. Uniknya, Eropa dan Asia menjadi lokasi yang membuat musisi ini banyak belajar dan merasa telah memiliki tempat tinggal di dua benua tersebut.

Berkunjung ke berbagai negara yang ada di dua benua tersebut, memberikan peluang dirinya untuk mendapat ilmu dari beragam perspektif. Rodrigo telah belajar dari mentor-mentor kelas internasional, seperti John Ruocco, Dave Douglas, Ralph Alessi, Bobby Martinez, Joshua Redman, Ben Street dan Tony Malaby. Pelajaran dari seluruh musisi lintas genre tersebut kemudian diolah dan dipraktikkan di beberapa panggung, seperti North Sea Jazz Festival (Belanda), Rainforest World Music Festival (Malaysia), Flamenco Festival Viena (Austria), Bratislava Jazz Day (Slovakia) dan menyusul Ngayogjazz 2019.

Pada kesempatan kali ini, Rodrigo Parejo masih menggandeng dan melibatkan Sri Hanuraga (keyboard), Kevin Yosua (bass) dan Elfa Zulham (drum) dalam membawakan komposisi dan aransemen miliknya. Bereksperimen bersama trio wahid menjadikan Rodrigo Parejo penampil yang patut ditunggu di Ngayogjazz, siap-siap terpana ya Honn!