Ngayogjazz 2018

Negara Mawa Tata, Jazz Mawa Cara

Perhelatan Ngayogjazz, sebagai festival jazz yang berkolaborasi dengan pesta rakyat kembali hadir untuk menyapa sedulur jazzseluruh Indonesia. Pada kesempatan yang ke-12 kali ini, Ngayogjazz mengusung tema yang menjadi ciri khas di setiap tahunnya. Berangkat dari fenomena yang kemudian tumbuh dan berkembang di masyarakat Indonesia, maka dipilihlah tema.’Negara Mawa Tata, Jazz Mawa Cara’ sebagai jawaban atas fenomena yang terjadi.

Tema ini diambil dari plesetan ‘Desa Mawa Cara, Negara Mawa Tata’ yang kurang lebih maknanya: Walaupun Negara mempunyai hukum dan tata Negara, namun tiap daerah juga memiliki adat dan budaya yang khas menurut mereka dan erat kaitannya dengan kearifan lokal daerah masing-masing. Pada kesempatan kali ini, Ngayogjazz 2018 mengajak seluruh mas-honn dan mbak-honn semua untuk belajar menghormati kearifan lokal dan menggunakan jazz sebagai penghubungya agar dapat melebur dan membaur bersama dengan masyarakat dan budaya daerah. Hal ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat saling menghormati dan belajar, Diharapkan tidak muncul kesalahpahaman, dapat mematuhi hukum yang dibuat oleh Negara namun tetap bisa luwes menyesuaikan diri dengan kearifan lokal yang ada.

Dalam kesempatan ini, Ngayogjazz mengajak mas-honn dan mbak-honn sebagai sedulur jazzbersama dengan masyarakat desa setempat untuk bersama-sama bergembira, saling belajar dan menghormati, menciptakan hubungan dan kehidupan yang harmonis melalui musik. Mari datang dan rayakan bersama Honn-Honn semua di Gilangharjo, 17 November 2018.