WARTA

4
Nov

Himbauan Untuk Datang, Nyumbang, dan Senang-senang

Memang sudah menjadi tradisi dari pertama kali diadakan, pengunjung Ngayogjazz tidak perlu membayar untuk tiket masuk. Tapi sekarang bukan berarti bisa masuk dengan cuma-cuma.

Pada pelaksanaannya kali ini, honn honn semua dihimbau untuk datang dengan membawa buku tulis/buku gambar/buku bacaan anak sebagai pengganti tiket masuk. Nantinya, buku-buku yang terkumpul akan disumbangkan ke seluruh pelosok negeri. Pendistribusian buku-buku ini sepenuhnya akan digawangi oleh sedulur-sedulur tercinta di Komunitas Jendela Jogja.

Buat yang belum tahu, Komunitas Jendela Jogja resmi didirikan pada 12 Maret 2011 oleh sekelompok mahasiswa yang bertujuan menumbuhkan minat baca buku pada anak sejak dini dan membuka wawasan anak melalui media buku. Gagasan pembentukan komunitas ini berasal dari program trauma healing pasca erupsi Merapi 2010 silam, dimana saat itu di daerah pengungsian tepatnya di Shelter Merapi Gondang 1 tidak ada ketersediaan tempat bermain dan perpustakaan bagi anak. Padahal kedua hal tersebut dapat membantu proses trauma healing bagi anak-anak.

Program pertama Komunitas Jendela Jogja yaitu membangun perpustakaan ramah anak di Shelter Merapi Gondang 1, Cangkringan dengan melakukan program pendidikan berkelanjutan serta pengelolaan perpustakaan. Kemudian dalam perjalanannya, Komunitas Jendela Jogja memiliki beberapa kegiatan di tempat lain seperti desa binaan Sapen, desa binaan Turgo, mobile library di RuBaKu, mobile library di Ambar ketawang, mobile library di Kali Code dan mobile library dibawah Flyover Lempuyangan.

Sekarang, delapan tahun sejak ia ini dicetuskan, Komunitas Jendela sudah berkembang pesat dan tersebar di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Jogja, Malang, Bengkalis, Jember, Bangka, Lampung, dan Sumatra Utara. Untuk info lebih lanjut tentang Komunitas Jendela, honn-honn bisa langsung klik www.komunitasjendela.org.

Honn honn semua bisa memasukkan buku yang dibawa ke dalam kotak-kotak #LumbungBuku yang sudah disediakan di berbagai sudut di lokasi Ngayogjazz. Dengan ini, semoga sedikit bisa membantu adik-adik dan sedulu-sedulur kita yang membutuhkan.

Jadi nggak ada ruginya untuk datang, nyumbang, dan bersenang-senang di Ngayogjazz 2019