WARTA

29
Oct

Tomografi dan Kreativitas Anyar Froghouse

Rasanya Ngayogjazz tidak akan meriah jika tidak dihadiri oleh sedulur jazz yang selalu hadir dengan ide-ide segar di setiap tahunnya. Datang bukan sebagai penampil, Froghouse kembali lagi untuk ikut memeriahkan Ngayogjazz 2019 Honn. Sebagian sedulur jazz yang hadir memeriahkan Ngayogjazz tentu ingat kincir air yang menghiasi Kwagon di tahun 2016, wayang berukuran raksasa yang memeriahkan perayaan di Kledokan tahun 2017 dan kubah-kubah serta hiasan dari bambu di Gilangharjo tahun 2018. Pada kesempatan kali ini, Bagus ‘Gonk’ Prabowo beserta sedulur dari Froghouse membawakan konsep yang unik untuk memberikan atmosfir yang unik di Ngayogjazz 2019.

Mengambil konsep tomografi, Froghouse berharap dapat membawakan sesuatu yang berbeda untuk perayaan Ngayogjazz tahun ini. Tomografi berasal dari bahasa Yunani tomos yang berarti memotong atau irisan. Kurang lebih jika diartikan, tomografi merupakan teknik yang digunakan untuk menciptakan citra atau gambaran dalam suatu obyek. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan foton atau partikel yang dapat menembus obyek dan dapat dianalisis oleh suatu sistem deteksi. Penjelasan sederhananya to Honn, mirip seperti CT Scan, yang digunakan untuk memeriksa organ dalam tubuh manusia menggunakan radiasi.

Pada kesempatan kali ini, Froghouse ingin bereksperimen dengan menggunakan metode tomografi yang biasa digunakan di dunia medis. Sedulur jazz satu ini akan mencoba menghadirkan radiasi dari bentuk-bentuk yang diciptakan secara manual, dengan beberapa bahan dan material yang ada disekitar lokasi. Caranya bagaimana Honn? Boleh datang, menyimak, bahkan ikut membantu lho Honn untuk tahu lebih lanjut. Nantinya akan ada beberapa seksi workshop yang akan dibawakan oleh sedulurFroghouse.