KuaEtnika Feat. Didi Kempot & Soimah

Musik Tradisi dan Jazz Khas KuaEtnika Feat Didi Kempot dan Soimah

Penampil yang satu ini boleh dibilang membawakan kombo mematikan yang dijamin akan memeriahkan Ngayogjazz 2019. Kua Etnika kembali tampil di Ngayogjazz kali ini dengan menggandeng dua penyanyi kenamaan, Soimah Pancawati dan Didi Kempot. Kua Etnika sendiri baru saja melahirkan album baru di tahun 2019, Sesaji Nagari, yang berisikan lagu-lagu yang merepresentasikan Indonesia, dari barat hingga timur. Ada 10 lagu baru: Sesaji Negari, Ulan Andung-Andung, Batanghari, Kadal Nongak, Lalan Belek, Doni Dole, Anak Khatulistiwa, Made Cenik, Sigule Pong dan Air Kehidupan. Melalui album terbarunya, Kua Etnika mengajak orang Indonesia untuk mengingat kembali, apa yang disebut sebagai Indonesia dan menjadi orang Indonesia yang menghargai keberagaman.

Sinden asal Yogyakarta yang satu ini merupakan figur yang familiar dan sering kali wara-wiri tampil di acara dangdut siaran televisi nasional. Baru-baru ini Soimah digandeng oleh Dewa Budjana untuk album baru Mahandini, mengisi vokal di lagu Hyang Giri. Selain itu, Soimah juga berkesempatan tampil di Java Jazz 2019 berkolaborasi dengan Dewa Budjana dan Mohini Dey membawakan Hyang Giri. Komposisi Hyang Giri sendiri masuk ke dalam nominasi AMI Awards 2019 untuk kategori Karya Produksi Lagu Berbahasa Daerah Terbaik dan World Music Terbaik.

Penyanyi lain yang akan ikut berkolaborasi dengan Kua Etnika adalah Didi Kempot, Lord Didi atau Godfather of Broken Heart. Musisi yang ‘terlahir kembali’ di kalangan anak muda ini, karya-karyanya menjadi viral di kalangan anak muda. Di bawah bendera Sobat Ambyar, mereka menggunggah karya Lord Didi di sosial media dan menjadi perbincangan hangat. Didi Kempot menjelma menjadi fenomena baru di kalangan anak muda.

Acara yang disambangi pun sudah tak terhitung jumlahnya. Namun, Didi Kempot sempat menggarap kolaborasi Jazz bersama dengan Djaduk Ferianto Ring of Fire Project serta Ricard Hutapea di Jazz Gunung 2019. Kali ini penyanyi asal Surakarta digandeng kembali untuk ikut memeriahkan Ngayogjazz 2019, tentu dengan karya-karya andalannya.

Sebuah catatan untuk Honn semua, pada kesempatan kali ini Kuat Etnika bersama dengan Soimah Pancawati dan Didi Kempot akan membawakan penampilan spesial jadi diharapkan untuk tidak cendol dawet dulu ya Honn. Namun jika ingin bergoyang atau bahkan ambyar berjamaah dipersilahkan. Mari merapatkan barisan dan jangan sampai ketinggalan penampilannya di Ngayogjazz 2019 ya Honn!